Juli 14, 2008

FAQ & TIPS


Lebih baik gw ngambil sample paket 6 or paket 4 ya ?

Bila kamu hendak menuai order keduanya yaitu paket 6 dan paket 4, display kedua paket tsb sbg sample. Selain memberi fleksibilitas customer untuk memilih, agen yg dari awal hanya display satu mcm paket, biasanya repeat order hanya untuk paket tsb sebab customer tidak pernah melihat fisik barang paket lainnya.

Apa perlu gw nawarin pake sample?

Menawarkan dengan show barang fisik ke customer/reseller jelas lebih menawan hati daripada harus panjang lebar menjelaskan. Packing dan penampilan produk ini lumayan rapi dan resik. Walau jgn diharapkan 100% perfect karena ini kue low segment.

Menawarkan barang hanya dengan menunjukkan foto (“kepepet” krn punya sample dulu  ).
Tanpa brg, kamu bisa coba Upload foto ke blog www.anekakuekering.blogspot.com. Cetak dalam jumlah banyak dan perlakukan seperti brosur. Foto itu berfungsi sbg name card dan reminder. Di fuji cetak 30lbr A4 costRp 1000/lbr. Cantumkan nama dan contact number just in case person yang kamu tawarin belum berminat sekarang, tetapi pd saatnya dia pya contact number kamu.

Berbekal foto juga bisa kamu terapkan ke agen2 yang blm pya kapasitas membeli sample

PRICING
Harga berapa mesti gw jual kue nya ?
Selalu, strategi penentuan harga kamu akan berusan dengan margin vs kuantiti.
Di-sinilah salah satu factor X yang menentukan apakah kamu bisa bermain besar atau hanya pengecer. Rumus bakunya: margin kecil, volume besar. Margin mau besar, volume pasti kecil.
Tentukan target berapa paket yang kamu set. Baru determine harga yang sesuai.

Bedakan mana agen yang bisa oper tangan lagi DENGAN mana yang hanya bisa jual langsung ke end customer. Buatlah kelompok harga menurut kuota pengambilan sehingga agen besar dan agen pengecer tidak bentrok harga di pasar.


MOMENT MASUK PASAR
Masa jualan kue lebaran dari sekarang ? Ga salah lo?
Bulan2 sekarang bukan saat yang tepat buat ngejual ke end customer. Kurang bijak nawarin ke end customer sekarang, yang ada malah kita keburu basi semangatnya.
Sekarang adalah saatnya create network, cari agen, lihat peluang dan buka pasar.
Kalau deket puasa baru gedebak gedebuk jualan, sudah telat. Carilah agen dari sekarang, build image di pasar, so pada saatnya orang cari barang, they know where to find it.

Booming permintaan produk terjadi H-7 setelah THR diterima. Saat inilah akan banyak order dari end customer. Bergeraklah cepat di momen ini. Pick up order, oper barang, pick up order, oper barang. Lakukan dengan term bayar cash. Jaga saldo stok kamu terus.

Selalu kejadian tiap tahun , di last moment pun agen tetap kekurangan barang dan terpaksa reject order.

FLOW OF STOCK
Apa gw perlu nyetok ? / Barang ada terus kan? / Kalau gw pesen sekarang, bayar nanti, barang pasti ada ? /

Untuk agen yang sudah berpengalaman, silahkan stok barang sebelum masuk peak moment untuk menghindari rebutan yg dimulai H -14.

Untuk agen baru yang ingin stok barang, hitung dengan matang kebutuhan stok kamu dan pertimbangkan juga kapasitas mendistribusi barang dalam waktu 2 minggu yg hectic.

Tips penyusunan barang
  • Tumpukan 1 kolom max 15 dus
  • Lengkapi dirimu dgn kapur semut dan kapur semut
  • Jangan letakkan kue di tempat lembab dalam jangka waktu lama.


Tips : Rasa vs Maksa
Kita fair dari awal, rasa kuenya standard konsumsi low segment. So…cicipilah dengan mind set yang sama, jangan dibandingkan dengan kue 25rb, 30rb, 40rb setoples. Jangan push kue ini dengan harga middle class. Kalau berencana usahanya long term, juallah dengan harga yang layak.

TIPS PANGSA PASAR YANG TEPAT SASARAN

Berdasarkan pengalaman, penjualan kue kering ini dijamin laris asal tidak salah segmen. Coba kamu tanya iseng ke driver kamu, office boy, baby sitter, kl lebaran biasa beli kue dimana ? brp setoplesnya? Jawabannya sgt mgkn, berkisar 13-17rb/toples.

Berbagai cara unik yang bisa anda tempuh, sesuaikan dgn lingkungan anda dan network kamu, mis:
  • Titip office boy/girl, driver or satpam kantor, satpam komplek, servant cucigosok, anak2 sales dept, anak2 admin, whoever yang sehari2 berhubungan dengan end customer. Kebanyakan mereka tidak memiliki modal untuk mulai, maka kita pinjamkan foto or sample 1 paket, biar mereka bisa mulai mengumpulkan order. Pada H-7 umumnya order mereka mulai booming karena uda pada THR dan mau pesen kue. Nah…kritisnya, order mereka suka mepet2…jangan sampai kekurangan barang pas hari gini. Atur stok kamu dan Update aja terus kumulatif order nya supaya kamu bisa estimate mo nyetok brp. Biasa sampai detik2 terakhir pun ada aja yang mau pesan. Untuk kamu yang bekerja di kantor dan tidak punya channel langsung, cari agen2 potensial semacam ini. Ini bener2 berbagi rejeki.
  • Oper ke toko dalam kuantiti besar sehingga anda berperan sebagai "toko grosir". Untuk toko jgn pasang margin tinggi.
  • Display di toko-toko di pasar. Dr sekarang, titip 1 dus sample, pasang harga gede2 shg calon pembeli yang bolak balik uda tau mo nyari kemana kl tar mo beli.
  • Jangan under estimate potensi ibu2! Apalagi ibu2 yang hobi jualan, ibu2 arisan, ibu RT, ibu2 yang sering jadi seksi repot, koneksinya banyak. Again, review harga kamu spy tdk kemahalan menghadapi calon agen yang berpotensi.
  • Tawarkan sbg bingkisan lebaran buat mereka yang telah berjasa kepada kita. Selama ini kan berupa kemeja, syrup dll sekali2 berupa biscuit boljug donk.
  • Tawarkan ke perusahaan pabrikan padat karya untuk parcel ke buruh/staff pabrik. Klu yang ini bisa tembus, tokcerrrrr, itung aja berapa banyak pekerjanya…dan mereka lbh prefer lusinan. Tapi prosedurnya mang ngejelimet. Sukur2 punya kerabat yang bisa nepotisme, hihihi. Bila tidak, coba yang berikut ini 
  • Cari si mandor pabrik, karyawati senior, atau siapa saja di kalangan pekerja yang bisa jualan ke temen2 nya sesama worker pabrik. Ajarkan dia pya usaha sendiri dgn menjadi agen or beri komisi.
  • Temen yg pya kios deket2 ramayana dept store (mis yg di tebet, klingkit, tanah abang) itu pangsanya low class.
  • Urun2an dgn temen2 kantor buat bingkisan house maid, baby sitter n driver Supaya kamu bisa dapet harga murah kl kuota 25 paket terpenuhi plus beda ongkir jauuh bgt.


Hubungi:
Helen - 93101583
YM: hbustami2004@yahoo.com (pls add for email & chatting)

Tidak ada komentar: